Algoritma Pemograman

Algoritma adalah tahapan-tahapan atau langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah. Seorang ahli programer harus tahu betul dan paham tentang algorimta karena algoritma langkah-langkah dalam membuat program. Ciri Penting dalam algoritma :
1. Finitenes
Mengerjakan sejumlah langkah terbatas;
2. Difineteness
Harus jelas jangan membingungkan 
3. Infut
Suatu masukan untuk memasukan data kedalam suatu program
4. Output
Suatu keluaran untuk mengeluarkan data dari seatu program
5.Effectivenness
Setiap anggota memiliki sifat efektiv.
Setiap selangkah harus sederhana mungkin . Dikerjakan harus masuk akal.

Itulah 5 tahapan-tahapan dalam algoritma dengan menguasai 5 tahapan tersebut seorang programer akan mudah untuk menjalankan program.

Tujuan Algoritma yaitu untuk mempermudah seseorang dalam melakukan sesuatu. 

Ragam Sturktur Logika
1. Sturktu Urut
Pernyataan harus berurutaan mulai dari pertama sampai yang terakhir. 
2. Sturktur Percabangan
Proses Melibatkan satu atau beberapa kondisi dan pernyataan.
3. Sturktur Pengulangan
Proses yang melibatkan satu perulangan 

contoh algoritma : cara memasak mie goreng
1. siapkan wajan
2. siapkan air
3. siapkan mie goreng
4. siapkan kompor
5. nyalakan kompor
6. jika belum matang, Maka;
7. Api masih nyala, jika sudah matang, Maka;
8. Api sudah dimatikan

ket :
>. dari 1-5 = Struktur Urut
>. dari 6-7 = Struktur Pengulangan 
>. dari 7-8 = Sturktur Percabangan 

Algoritma Terbagi menjadi 2 bagian :

A. PSEUDOCODE
Pseudocode adalah salah satu cara penulisan algoritma . Dengan bahasa dan sturktur yang mirip dengan bahasa pemograman.

Bagian - Baigan Pseudocode;
a. Deklarasi Program
b. Kamus
c. Deskripsi Algoritma

Deklarasi program.
Deklarasi program ditulis dengan Sturktur;
                      Program<Nama Program>

Kamus
kamus adalah deklarasi variabel yang akan digunakan didalam program.
format penulisan kamus.
                      <namaVariabel> : <tipe_data>
Deskripsi Algoritma
mendeklarasikan jalannya algoritma yang dibuat
format. penulisan :
                       - Assigenment : nilai 20
                       - Operasi : jumlah nilaA+nilaiB


Contoh Pseudocode

Menampilkan isi vaiabel yang hanya lebih kecil dari 10.

Start
Read e
if e < 10 Then
           Print : e

Print "Masukan angka kurang dari 10!"
Endif
End.

B. FLOWCHART
Flowchart adalah penggambaran secara grapic dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.

Flowchart menolong analis dan programer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dan menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoprasian.

Oval - Terminator

Digunakan untuk mengawali dan mengakhiri sebuah alur logika yang digambarkan dalam bentuk flowchart.



















  Segi Empat - Procces

      Digunakan untuk menggambarkan proses / operasi yang terjadi didalam alur logika


Jajaran Genjang - infut/output

 Digunakan untuk menggambarkan infut/output yang terjadi dalam alur logika


Belah Ketupat - Decision

Digunakan untuk menggambarkan pilihan yang terjadi didalam alur logika

Lingkaran kecil - conector 

    Digunakan untuk menghubungkan alur logika yang terlalu panjang dan tidak mungkin dituliskan dalam satu halaman.

Segi Enam - Preparation 

   Digunakan untuk menggambarkan proses inisialisasi yang terjadi di dalam alur logika.
Segi empat Khusu - predefined procces

    Digunakan untuk menggambarkan pemanggilan proses yang telah di definikasikan (fungsi/prosedur) yang terjadi didalam alur logika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH; Mc. Access

PROPOSAL REHABILITAH RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RRTLH)

SEJARAH DRAMA KERAJAAN MATARAM KUNO