Algoritma Pemograman
Algoritma adalah tahapan-tahapan atau langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah. Seorang ahli programer harus tahu betul dan paham tentang algorimta karena algoritma langkah-langkah dalam membuat program. Ciri Penting dalam algoritma :
1. Finitenes
Mengerjakan sejumlah langkah terbatas;
2. Difineteness
Harus jelas jangan membingungkan
3. Infut
Suatu masukan untuk memasukan data kedalam suatu program
4. Output
Suatu keluaran untuk mengeluarkan data dari seatu program
5.Effectivenness
Setiap anggota memiliki sifat efektiv.
Setiap selangkah harus sederhana mungkin . Dikerjakan harus masuk akal.
Itulah 5 tahapan-tahapan dalam algoritma dengan menguasai 5 tahapan tersebut seorang programer akan mudah untuk menjalankan program.
Tujuan Algoritma yaitu untuk mempermudah seseorang dalam melakukan sesuatu.
Ragam Sturktur Logika
1. Sturktu Urut
Pernyataan harus berurutaan mulai dari pertama sampai yang terakhir.
2. Sturktur Percabangan
Proses Melibatkan satu atau beberapa kondisi dan pernyataan.
3. Sturktur Pengulangan
Proses yang melibatkan satu perulangan
contoh algoritma : cara memasak mie goreng
1. siapkan wajan
2. siapkan air
3. siapkan mie goreng
4. siapkan kompor
5. nyalakan kompor
6. jika belum matang, Maka;
7. Api masih nyala, jika sudah matang, Maka;
8. Api sudah dimatikan
ket :
>. dari 1-5 = Struktur Urut
>. dari 6-7 = Struktur Pengulangan
>. dari 7-8 = Sturktur Percabangan
Algoritma Terbagi menjadi 2 bagian :
A. PSEUDOCODE
Pseudocode adalah salah satu cara penulisan algoritma . Dengan bahasa dan sturktur yang mirip dengan bahasa pemograman.
Bagian - Baigan Pseudocode;
a. Deklarasi Program
b. Kamus
c. Deskripsi Algoritma
Deklarasi program.
Deklarasi program ditulis dengan Sturktur;
Program<Nama Program>
Kamus
kamus adalah deklarasi variabel yang akan digunakan didalam program.
format penulisan kamus.
<namaVariabel> : <tipe_data>
Deskripsi Algoritma
mendeklarasikan jalannya algoritma yang dibuat
format. penulisan :
- Assigenment : nilai 20
- Operasi : jumlah nilaA+nilaiB
Contoh Pseudocode
Menampilkan isi vaiabel yang hanya lebih kecil dari 10.
Start
Read e
if e < 10 Then
Print : e
Print "Masukan angka kurang dari 10!"
Endif
End.
B. FLOWCHART
Flowchart adalah penggambaran secara grapic dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.
Flowchart menolong analis dan programer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dan menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoprasian.
Oval - Terminator
Digunakan untuk mengawali dan mengakhiri sebuah alur logika yang digambarkan dalam bentuk flowchart. | ||||||||||||||||||
Jajaran Genjang - infut/output
Belah Ketupat - Decision
Lingkaran kecil - conector
Segi Enam - Preparation
Segi empat Khusu - predefined procces
Komentar
Posting Komentar