RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK SEMESTER 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. :
SMA NEGERI 1 CIPANAS
Program :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester :
XI/1
Standar
Kompetensi : 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada
Masa
Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar :
1.2. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara
Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan kehidupan sosial, ekonomi,
budaya,
dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
di berbagai
daerah
Alokasi Waktu :
3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
B. Materi Pembelajaran
- Kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan Majapahit
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian
tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Analisislah peninggalan-peninggalan
sistem kebudayaan dari Kerajaan Majapahit yang masih berlaku di masyarakat
kita pada saat ini! Buatlah dalam bentuk uraian analitis
|
· Mencari artikel di buku PR SEJARAH
mengenai kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di berbagai daerah
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan kehidupan sosial, ekonomi,
budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
|
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi
guru membuka pembelajaran dengan menceritakan kehidupan sosial masyarakat pada
masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah.
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Peserta
didik secara berkelompok mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai
kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di
berbagai daerah. Tugas telah diberitahukan pada pertemuan sebelumnya. (nilai yang
ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
·
Tanya
jawab mengenai kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di berbagai daerah.(nilai
yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: menghargai
prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial, tanggung jawab.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air,)
3. Kegiatan Penutup
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.);
·
Menarik
kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.);
·
Peserta
didik ditugaskan menganalisis peninggalan-peninggalan sistem kebudayaan dari
Kerajaan Majapahit yang masih berlaku di masyarakat kita pada saat ini dalam
bentuk uraian analitis. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab.);
E. Sumber Belajar
·
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS -
·
Buku
sumber Sejarah SMA XI IPS
·
Peta
konsep
·
Power
point
·
OHP/slide
·
Buku-buku
penunjang yang relevan
·
Internet
·
Buku
PR Sejarah
F. Penilaian
- Portofolio dalam bentuk uraian analitis mengenai peninggalan-peninggalan sistem kebudayaan dari Kerajaan Kediri yang masih berlaku di masyarakat kita. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Format Penilaian Portofolio
Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
Pengantar
|
|
|
|
Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan
penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan,
mempersiapkan bahan-bahan.
|
Isi
|
|
|
|
Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi.
Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman
dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan.
Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
|
Penutup
|
|
|
|
Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
|
Struktur/logika penulisan
|
|
|
|
Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai
dalam karangan/penelitian
|
Orisinalitas karangan
|
|
|
|
Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman,
peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri
|
Penyajian, bahasan dan bahasa
|
|
|
|
Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria
Indikator
Nilai
Kualitatif
Nilai
Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang
cukup
1
Kriteria
Penilaian :
|
Guru Pamong
Nenden Mayasari, S.Pd NIP.197602032005022003
|
|
Cipanas, Oktober 2015
Guru Praktikum PPLK
Musarapah
NIM.432231203008
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Cipanas
Tatan Rusmana, S.Pd
NIP. 196103311987031007
|
Komentar
Posting Komentar